Pesawat Kepresidenan Uji Terbang Sabang-Marauke

 


AV-Banda Aceh: Uji ketahanan terbang perdana pesawat RI-1 mendarat di Landasan Udara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar pada hari Rabu, sekitar pukul 11.20 WIB. Dalam uji terbang keliling Indonesia ini, pesawat ini membawa 32 penumpang dan 13 kru dan pilot.

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Syamsuddin dan sejumlah pejabat lainnya di Sesneg ikut dalam penerbangan ini.

kedatangan pesawat ini disambut oleh Kapolda Aceh Irjen Husein Hamidi, Danlanud Iskandar Muda Kolonel Pnb Basuki Rochmad, Kasdam Iskandar Muda Brigjen Purawadi Mukson dan pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh.

Uji terbang pertama ini, pesawat berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Aceh dan selanjutkan akan terbang ke Manado. Selanjutnya pesawat akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Miangas dan Pulau Rote sebelum akhirnya mendarat kembali ke Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta.

Sebelum melakukan uji penerbangan di Indonesia, pesawat seharga Rp840 miliar ini sebelumnya sudah melakukan penerbangan panjang saat pihak boeing mengirimkan langsung dari Amerika Serikat.

Pembelian pesawatini di klaim telah menghemat keuangan negara sebesar Rp114,2 miliar pertahun. Sebelumnya pesawat kepresidenan merupakan pesawat carteran maskapai Garuda Indonesia. (Hendra Saputra)

Share this video :
 
About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber
. Support: Acehadvertising.com
Copyright © 2013. Aceh Video - All Rights Reserved