Penyandang Disabilitas Peringati Hari Disabilitas Internasional



AV-Banda Aceh: Ratusan penyandang disabilitas di Banda Aceh memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) dengan menggelar karnaval. Mereka melakukan long march diiringi atraksi barongsai mengitari Kota Banda Aceh, Senin (1/12).

Menurut Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Aceh, Burhanuddin Pemerintah Aceh menggelar acara ini sebagai bentuk kepedulian pada penyandang disabilitas di mana mereka memiliki hak yang sama dengan masyarakat lain.

Perayaan HDI yang jatuh pada 3 Desembar mendatang dipusatkan di Banda Aceh dengan aneka kegiatan yang diikuti peserta dari perwakilan organisasi disabilitas, sekolah luar biasa dan yayasan penyandang disabilitas.

HDI yang bertema one day one care juga melakukan bakti sosial berupa pemberian paket bantuan peralatan shalat, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dan penyerahan bantuan kaki palsu kepada kaum disabilitas.

Burhanuddin menyebutkan sebanyak 60 ribu lebih penyandang disabilitas mayoritasnya berada di garis kemiskinan. Dinsos berupaya untuk mengentaskan kemiskinan dengan pemberdayaan baik memberikan keahlian maupun peningkatan kapasitas lainnya.

Sementara itu, Erlina Marlinda mengatakan perayaan momen HDI di Aceh disambut antusias anak-anak penyandang disabilitas. Mereka mengepresikan cita-cita lewat kostum yang mereka kenakan saat karnaval. (Ferdian Majni)
Share this video :
 
About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber
. Support: Acehadvertising.com
Copyright © 2013. Aceh Video - All Rights Reserved