Pemerintah Diminta Sahkan Qanun KKR



AV-Banda Aceh: Belasan mahasiswa dan aktivis di Aceh menggelar aksi damai menuntut implementasi Qanun Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh dan pembentukan pengadilan HAM sesuai amanah Undang-Undang Pemerintah Aceh.

Aksi menuntut pengesahan Qanun KKR dan pengadilan HAM di Aceh berlangsung di di depan gedung DPRA dan bundaran simpang lima.

Dalam aksinya, mereka memperlihatkan sejumlah foto korban konflik Aceh yang belum diusut kasus kematiannya, bahkan sebagian jasad mereka tidak ditemukan.

Koordinator aksi Cut Ika Mauliza mengatakan, hingga sembilan tahun usia MOU Helsinki , Pemerintah belum memperlihatkan arah komitmen yang jelas dari isi perjanjian tersebut, terutama terkait penegakan ham dan pemenuhan hak-hak korban konflik.

Dalam aksi ini,mahasiswa juga menampilkan teatrikal tragedi Krueng Arakundo di Aceh Timur. Saat itu, puluhan nyawa melayang akibat dibunuh orang tak dikenal usai pulang mendengarkan ceramah Gerakan Aceh Merdeka, pada tahun 1999.

Selain itu, puluhan mahasiswa yang melakukan aksi di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh juga mendesak pemerintah fokus untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. (Ferdian Majni)


Share this video :
 
About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber
. Support: Acehadvertising.com
Copyright © 2013. Aceh Video - All Rights Reserved