Harga Daging Meugang Tembus 150 Ribu / KG




AV-Banda Aceh: Memasuki hari Meugang yang merupakan tradisi masyarakat Aceh menyambut Hari Raya Idul Adha, harga daging sapi di sejumlah pasar di Aceh melambung tinggi hingga Rp 150 ribu / Kg. Kenaikan ini dinilai tidak wajar karena biasanya harga daging di Aceh hanya berkisa Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per Kg.

Salah seorang pedagang, Baldawi menjelaskan kenaikan harga daging menjadi tren tahunan setiap jelang Meugang. Selain itu, melonjaknya harga daging karena pasokan yang tak mampu mengimbangi tingginya permintaan konsumen.

Kenaikan harga daging sapi yang berlebihan ini cukup memberatkan masyarakat yang selalu merayakan tradisi Meugang. Warga Aceh terpaksa membeli daging sapi yang mahal ini karena harus memenuhi kebutuhan keluarga.

Sementara itu, menyangkut dengan persediaan sapi, stok daging di Kota Banda Aceh mencukupi. Dimana persediaan hewan ternak, baik sapi maupun kerbau mencapai 346 ekor. Sedangkan unggas mencapai 16 ribu ekor.

Meski demikian, guna menekan kenaikan harga ini, Pemerintah Kota Banda Aceh tidak punya anggaran untuk operasi pasar. Namun, pemerintah kota sudah meminta bantu pemerintah pusat mengatasi masalah ini. (Ferdian Majni)


Share this video :
 
About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber
. Support: Acehadvertising.com
Copyright © 2013. Aceh Video - All Rights Reserved