Arkeolog Teliti Situs Kerajaan Lamuri



AV-Aceh Besar: Sejumlah arkeolog dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh dan University Sains Malaysia meneliti jejak kerajaan Lamuri di Desa Lamreh, Kecamatan Kreung Raya, Aceh Besar.

Kerajaan Lamuri yang merupakan cikal bakal Kerajaan Aceh Darussalam diperkirakan telah berdiri sejak abad 9 atau sekitar tahun 900 Masehi.

Pemetaan yang dilakukan sejak tanggal 27 September sampai 6 Oktober. Para arkeolog telah mendata sejumlah situs peninggalan bersejarah seperti benteng, batu nisan, pecahan keramik dan pondasi yang diperkirakan bekas bangunan kerajaan.

Sejumlah batu nisan terlihat berserakan tak terawat, bahkan telah tertimbun dengan tanah.

Salah seorang arkeolog asal Malaysia, Muhammad Ikwan bin Harun mengatakan pihaknya bersama arkeolog Universitas Syiah Kuala terus mengkaji peradaban agama Islam yang masuk di Asia Tenggara yang diperkirakan melalui kerajaan Lamuri.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, kerajaan Lamuri merupakan kerajaan yang pertama kali disinggahi pedagang dari Arab dan pelaut dari India. Dari situlah cikal bakal Kerajaan Aceh Darussalam berkembang.

Namun sayang, kini kondisi komplek kerajan Lamuri sangat memprihatikan. Tak ada satupun dari situs peninggalan tersebut yang dirawat oleh pemerintah. (Fadel Batubara)

Share this video :
 
About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber
. Support: Acehadvertising.com
Copyright © 2013. Aceh Video - All Rights Reserved