Sambut Waisak, Umat Budha di Aceh Rias Vihara




AV-Banda Aceh: Umat Budha di Aceh menyambut Hari Raya Waisak dengan suka cita meski propinsi paling barat Indonesia ini memberlakukan Syariat Islam. Persiapan Waisak yang dipusatkan di Vihara Budha Sakyamuni kawasan pecinan Peunayong Banda Aceh, Rabu (14/5).

Remaja Vihara Budha Sakyamuni, Rabu sore menyiapkan serangkaian persiapan untuk ibadah Waisak, persiapan yang dilakukan remaja putri diantaranya merangkai bungga untuk pemandian Rupang Buddha. Penyambutan Perayaan Hari Trisuci Waisak 2558 Budha Era di Aceh dipastikan akan dihadiri sekitar 300 ratusan umat Budha yang berdomisili di Aceh.

Persiapan Waisak dilakukan mayoritas warga Aceh etnis Tionghoa. Kaum perempuan juga merias altar utama dengan berbagai jenis bunga dan lilin. Budha Rupang juga dirias untuk menyambut prosesi lilin yang akan diikuti ratusan umat Budha di Aceh.

Persiapan Waisak di Aceh berlangsung aman, Vihara Buddha Sakyamuni tempat warga Aceh etnis Tionghoa yang menyiapkan rangkaian Waisak tidak mendapat pengawalan aparat kepolisian.

Budha merupakan agama minoritas kedua setelah hindu di Propinsi Aceh, jumlah Umat Budha hanya 0,15 persen dari jumlah penduduk Aceh pada tahun 2011. (Maimun Saleh/ Fadel Batubara)
Share this video :
 
About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber
. Support: Acehadvertising.com
Copyright © 2013. Aceh Video - All Rights Reserved