Jurnalis Asing Pantau Demokrasi di Aceh



AV – Banda Aceh :Sejumlah jurnalis asing berkunjung ke Aceh dan bertemu para pemangku kepentingan dan tokoh partai politik lokal di Aceh. Mereka hendak melihat perkembangan transformasi demokrasi di Aceh pascakonflik dan perjanjian damai, Kamis 6 Maret 2014.

Difasilitasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh dan AJI Indonesia, sejumlah jurnalis ini bertemu dengan Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf. Selain bertemu dengan perwakilan Pemerintah Aceh, para jurnalis luar negeri ini juga bertemu dengan para aktivis sipil dan tokoh partai politik lokal di Aceh.

Para jurnalis yang berasal dari sebelas negara, diantaranya Amerika, China, Pakistan, India dan Indonesia mendapatkan fellowship atau beasiswa liputan dari East West Center Jefersen. Mereka ditugaskan untuk meliput isu perkembangan demokrasi di Indonesia khususnya Aceh yang sebelumnya terbelenggu konflik.

Hasil liputan mereka nantinya diharapkan akan menjadi pembelajaran bagi sejumlah negara lain terhadap perkembangan demokrasi di Indonesia. Aceh dipilih sebagai daerah konsentrasi liputan selain karena daerah bekas konflik juga karena adanya partai politik lokal.

Seperti diketahui proses penyelesaian konflik dan pembangunan perdamaian serta demokrasi di Aceh telah menjadi rujukan dunia Internasional. Liputan para jurnalis asing ini diharapkan dapat menginspirasi para pihak untuk menghentikan konflik di sejumlah penjuru dunia. (DA)
Share this video :
 
About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber
. Support: Acehadvertising.com
Copyright © 2013. Aceh Video - All Rights Reserved